Wednesday, November 28, 2012

7 Galau yang dialami Mahasiswa Semester 7


“Sebuah akhir tak lebih dari sebuah awal untuk hal yang baru” entah dari mana saya dapatkan kutipan tersebut, namun saya cenderung mempercayainya. Bagi sebagian besar mahasiswa S1, semester 7 merupakan sebuah keset yang selalu ditempatkan sebelum kita memasuki dunia baru dibalik sebuah pintu. Sebelum membuka pintu tersebut, mungkin kita akan mencoba berdiri di atas keset dan menggesekan alas kaki lebih lama agar pijakan pertama bersih ketika menginjak dunia baru. Tak jarang, kita merenung cukup lama sebelum membuka pintu. Terkadang kita takut akan apa yang ada di balik pintu bangunan yang belum pernah kita masuki sebelumnya.

Naaah, bilang aja rasa takut itu adalah galau. Kalau menurut saya sih seenggaknya ada 7 galau yang dialami mahasiswa semester 7.

1. Galau Tugas
Galau tugas, ah ini mah biasa. Mau dari semester 1 sampe semester 14 sekali pun kalau ada tugas apa-apa  kerjaannya pasti galau dulu di Twitter/FB, bukannya ngerjain.


2. Galau Kerja Praktek
Kalau udah semester 7, pasti lagi atau bentar lagi mau kerja praktek kan ya? Nah, kalau di kampus saya sendiri kerja praktek (PPL/PLA) itu mulainya semester 7 atau semester 8. Ga aneh kalau mahasiswa pada galau kerja praktek. Kenapa? Soalnya kerja praktek itu bakalan beda banget sama yang kita biasa hadepin di kampus. Kerja praktek itu udah ¾ dunia nyata. Mahasiswa bakal cenderung banyak ngadepin hal yang ga sesuai aturan dan ideologi. Ya, hal-hal semacam urusan perbedaan teori sama kenyataan di lapangan, birokrasi, kejujuran saat kerja, pemberian nilai, kemunafikan, kecurangan, dsb.

 

3. Galau Skripsi
Nah, ini juga sebenernya ga terlalu aneh. Kalau udah semester 7, pasti banyak keluarga atau temen yang bilang “Waaaah, bentar lagi lulus dong?” seakan mereka pikir kuliah itu cuman ada sampe semester 8. Udah ditanya gitu, langsung deh pada galau. Tapi, tetep aja kebanyakan mahasiswa semester 7 kelakuannya 90% galau skripsi, 10% ngerjain. Yap, sebenernya kesulitan terbesar skripsi itu bukan dalam hal ngerjainnya, tapi dalam hal melawan diri sendiri dan kemalesan.

Sumber
4. Galau Hobi
Kuliah, sayang banget dong kalau kita cuman kuliah aja. Mungkin di antara kita banyak yang ikutan UKM atau komunitas-komunitas tertentu dari awal semester. Semester 7, kayanya kita udah mulai dipaksa buat ninggalin hobi yang biasa kita kerjain dengan label mahasiswa muda. Kalau udah semester 7, banyak yang bilang “lo masih aktif di organisasi A? udah tua cuy” . Iya sih kalau hobi dan kesenangan ga pandang umur. Tapi kadang ada perasaan kalau the time is up buat kita ngelakuin hal-hal semacam main, nangkring, nge-band, traveling, ikutan lomba, dsb. Semester 7 is the time for us to think about more serious things such as family, future work, future family, and financial things.


5. Galau Temen-Temen
Semester 7. Mungkin 6 bulan ini bakalan jadi masa-masa terakhir kita bisa ketemu temen-temen. Terakhir saling sapa, saling lempar senyum, dan saling lempar bullyan ke mereka yang udah kita kenal selama lebih dari 3 tahun. Setelah semester ini, semua berpencar buat kerja praktek, udah itu nyusun skripsi sendiri, udah itu lulus, udah itu kerja. Kita udah ga kan lagi tuh kerja kelompok, disuruh bikin lingkaran, ga kan lagi ngumpul di kostan buat ngerjain tugas semalam suntuk, ga kan lagi mengantuk dan menganga bersama dengerin dosen yang sepanjang 2x50 menit bla bla bla bla terus di depan. Semester ini adalah semester terakhir kita buat ngukir kisah klasik untuk masa depan.


6. Galau Kerjaan
Udah semester 7, bentar lagi lulus kan ya? (aamiin) nah kalau udah lulus mau apa? Mau cuman ber-gaya-gaya kece nyari cewek? Mau tetep okok-opi-okok-opi (aot)? Mau cuman ketawa-ketawa di Giggle box atau KFC bareng temen? Engga dong ya, udah lulus pasti kita kalau ga nerusin S2, ya kerja. Nah, nyari kerja itu ga segampang nyari jurnal di internet. Kerja itu lebih susah dari move on. Makannya wajar kalau mahasiswa pada galau kerjaan di semester 7. Belum lagi, galau kalau udah lulus mau kerja di kampung halaman atau di kota tempat kuliah? Terus, mungkin ga sih uang yang kita dapet cuma-cuma dari orang tua pas lagi kuliah jauh lebih besar dari gaji yang kita dapet pas udah kerja? Mungkin banget, apa lagi kalau kita nanti kerja jadi guru honorer di daerah non-kota. Terus, bisa ga kita ‘minum’ dari tetesan keringat sendiri, ga ngedot ke orang tua kaya pas kuliah? Nah, galau kan?

 
7. Galau Asmara
Buat sebagian orang, semester 7 bisa berarti pupus harapan buat punya pacar semasa kuliah. Buat sebagian orang, semester 7 bisa berarti penetapan kalau kisah kasih yang bisa dikenang semasa kuliah cuman perih. Buat sebagian orang bisa berarti semester 7 itu akhir sebuah penantian. Tapi, buat sebagian orang lainnya, semester 7 adalah saat terakhir bisa memandang seseorang yang berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun menawan hati kita. Semester 7 mungkin saat terakhir kita bisa ngeliat senyum dan sedih seseorang tanpa orang tersebut sadar kita pandangin. Semester 7 mungkin satu-satunya saat buat minta kejelasan dari orang terkasih yang hampir tiap hari menghirup udara dalam ruangan yang sama. Nanti, setelah nilai bisa dilihat di layar laptop, mungkin kita hanya bisa ngeliat gambar dia kaku dengan kata dari layar smartphone. Semester 7 mungkin adalah kesempatan terakhir kita mengungkapkan apa yang kita rasakan sebelum dia pergi dan melupakan. Buat yang punya kecengan di kelas selama berbulan-bulan atau bahkan dari awal semester, mending cepet ungkapin geh. Kalau bukan puncak momen bareng di kelas, kapan lagi?

Diperankan oleh model

Setelah semester 7, masih bisa kita kumpul buat foto bareng kaya gini?


-mere-assumptions- 
    

1 comment: